Perawatan Bayi Baru Lahir

Perawatan Bayi Baru Lahir – Karena kulit dan tubuh bayi yang masih sensitif, perawatan untuk si kecil yang baru lahir biasanya sedikit berbeda dengan bayi yang sudah berumur beberapa bulan atau tahun. Salah satu perawatan pada tubuh bayi baru lahir adalah area organ intimnya. Area ini cukup sensitif ya Moms sehingga perlu berhati-hati dan merawatnya secara tepat dan aman. Perawatan pada kemaluan bayi perempuan dan laki-laki pun berbeda ya Moms. Maka dari itu, simak ulasan di bawah ini mengenai perawatan area intim untuk bayi baru lahir.

Perawatan Bayi Baru Lahir Pada Area Intim

Perawatan Organ Intim Bayi Perempuan

Moms, penting bagi anda untuk selalu menjaga kebersihan area vagina si kecil terutama setelah buang air kecil atau besar.  Maka dari itu, yuk perhatikan perawatan yang tepat dan aman untuk vagina si kecil.

  1. Gunakan air bersih saja. Kulit si kecil yang baru lahir akan sangat sensitif terlebih lagi pada area kemaluannya. Sebaiknya Moms gunakan air dan basuh dengan kapas saja. Tetapi jika Moms menginginkan untuk menggunakan sabun khusus bayi pastikan kandungan di dalamnya benar-benar aman untuk kulit si kecil.
  2. Jangan Menggosok. Disarankan agar membersihkan area vagina bagi tidak menggosoknya ya Moms tapi dengan menepuk-nepuk lembut dengan handuk bersih dan sesegera mungkin area intim bayi kering.
  3. Bersihkan area depan lalu ke belakang. Setelah si kecil buang air pastikan Moms segera merawat area intimnya. Bersihkan mulai dari arah depan ke belakang agar bakteri dan kotoran tidak masuk dalam vaginanya.

Perawatan Organ Intim Bayi Laki-Laki

Cara merawat area intim bayi laki-laki biasanya terbagi dua ya Moms. Perawatan untuk penisnya yang belum disunat atau yang sudah disunat. Untuk perawatan penis bayi yang belum disunat cara merawat kebersihannya dengan membersihkan kotoran yang menempel menggunakan kain atau kapas bersih yang telah dibasahi air. Moms juga boleh mengunakan sabun, tapi pastikan kandungan sabun aman untuk kulit bayi baru lahir. Sedangkan untuk perawatan penis bayi yang sudah disunat biasanya masih terdapat bekas luka sunatnya, maka dari itu basuh menggunakan air bersih saja secara perlahan jika perlu oleskan Petroleum Jelly untuk menghindari iritasi akibat gesekan kemaluannya dengan popok atau celananya.

Produk Perawatan Bayi Baru Lahir Aman dari Mitu Baby

Menjaga dan merawat kebersihan area genital bayi merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan Moms. Pasalnya, area kelamin bayi baru lahir sangat cukup sensitif. Untuk melengkapi perawatannya dibutuhkan produk perawatan terbaik dan aman, Mitu Baby merupakan solusi terbaik pilihan produk perawatan bayi baru lahir. Untuk kebutuhan praktis Moms, hadir tisu bayi Mitu Baby Sensitve Wipes tisu bayi yang lembut khusus untuk bayi baru lahir. Moms juga dapat menggunakan Mitu Baby Milk Bath sebagai pilihan sabun bayi yang mengandung Ekstrak Oatmilk agar menjaga kesehatan dan kelembutan kulitnya. Setelah membersihkan si kecil, gunakanlah Mitu Baby Liquid Powder yaitu bedak bayi berbentuk lotion yang aman untuk pernapasannya. Untuk menambah kesegaran si kecil, Moms dapat menggunakan Mitu Baby Oil dan Mitu Baby Cologne.