Yamaha FreeGo

Yamaha kembali melahirkan skutik terbarunya, Yamaha FreeGo di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Dari sisi tampilan, kuda besi ini tampil beda lantaran bodinya yang terlihat lebih gemuk.

Ingin tahu lebih lengkap soal keistimewaan dari Yamaha FreeGo yang dijual mulai Rp 18.5 juta (OTR Jakarta)? Simak bahasan berikut:

1. Yamaha FreeGo Pakai Ban 12 Inch

Salah satu yang membuat motor yang satu ini menarik adalah penggunaan ban 12 inch. Ukuran depan 100/90, sementara belakang 110/90 inci. Dengan karet bundar tersebut, FreeGo terlihat gendut secara keseluruhan.

Apalagi tubuhnya juga didesain lebih membulat. Memiliki dimensi panjang 1.905 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1.100 mm. Keistimewaan lain, joknya cukup luas sehingga nyaman untuk berboncengan.

2. Fitur Modern

Soal fitur, Yamaha FreeGo dilengkapi dengan teknologi yang cukup modern. Di varian menengah atau S-Version sudah tersedia stop & start system (SSS) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Tidak hanya itu, ada pula keyless sebagai pengganti anak kunci.

Keyless diklaim lebih praktis karena untuk mengaktifkan motor, cukup simpan remote pintar bawaan di saku celana. Lalu kamu tinggal tekan dan putar knopnya agar FreeGo aktif. Langkah terakhir, tinggal tekan tombol starter supaya mesin aktif.

Tidak cuma itu, FreeGo sudah dilengkapi panel instrumen digital dan lampu depan LED sebagai fitur standar. Guna panel instrumen digital, menambah kesan modern. Sekaligus mempermudah pengendara membaca informasi soal motor. Di dalamnya ada indikator volt meter, odometer, trip meter, level bahan bakar dan kecepatan.

Sementara answer back system, berfungsi mempermudah pencarian kendaraan di lokasi parkir. Cukup tekan tombol di remote, maka FreeGo bakal menyalakan lampu dan mengeluarkan suara untuk memberitahu keberadaannya.

3. Bagasi Luas, Tapi?

Hal paling menarik dari skutik yang satu ini, posisi tangki bensin tidak berada di bawah jok. Yamaha memindahkannya ke bawah pijakan kaki dengan lubang tangki di dashboard sebelah kiri. Tujuan pabrikan garputala melakukan manuver tersebut untuk memberikan kenyamanan ke pengendara, ketika mengisi tangki bensin tidak perlu turun dari motor.

Alasan kedua revisi posisi tangki tersebut, agar ruang bagasi lebih luas. Memang hasilnya bagasi FreeGo lebih luas dari Nmax, sanggup menampung 25 liter. Meski luas tapi desainnya memanjang dan dangkal. Alhasil ketika kami coba benamkan helm half face merk NHK, tidak pula bisa masuk.

Nampaknya memang harus helm half face tertentu yang bisa ditelan bagasi FreeGo. Selain itu posisinya juga harus terbalik (punggung helm ada di bawah), persis penempatan helm di Nmax.

4. Pionir ABS di Kelas Skutik 125 cc

Keistimewaan lain dari Yamaha FreeGo punya fitur anti-lock braking system (ABS) di varian tertinggi atau FreeGo S ABS. Gunanya untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

Hanya saja, ABS FreeGo cuma tersedia di roda depan yang sudah dilengkapi cakram. Sementara untuk roda belakang yang masih tromol, belum di injeksi dengan fitur keselamatan tersebut.

5. Harga Yamaha FreeGo

Yamaha menjual FreeGo dengan harga mulai dari Rp 18.5 juta (OTR Jakarta) untuk varian terendah. Kemudian Rp19.7 juta di varian FreeGO S dan Rp22.5 juta khusus ABS.

Soal pilihan warna, FreeGo punya beragam pilihan menarik. Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGo Standar. FreeGo S dan ABS tersedia dalam kelir Matte Red dan Matte Grey.

Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai spesifikasi dan harga Yamaha Free Go. semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi kamu untuk membeli motor yang satu ini.