Perbedaan Tikus Rumah dan Tikus Atap

Dari sekian banyak jenis tikus yang ada, tikus rumah dan tikus atap adalah sebagian kecil jenis yang dapat ditemui dengan mudah di hunian tempat tinggal. Kedua jenis hewan pengerat tersebut pun memiliki beberapa perbedaan jika dikulik lebih dalam. Sementara untuk mengusir dan mengatasi masalah hama tikus, anda bisa menggunakan alat perangkap khusus tikus. Harga jual perangkap tikus tersebut pun terbilang sangat ramah di kantong.

Perbedaan Antara Jenis Tikus Rumah dengan Tikus Atap

1. Segi Tampilan Tubuh

Hal pertama yang menjadi pembedanya ialah dari segi tampilan tubuh. Tampilan tikus rumah akan memiliki telinga lebih besar dan juga bagian ekor lebih panjang dari bagian tubuhnya. Warna bulu dari si tikus rumah juga cenderung coklat muda maupun abu abu. Sementara untuk jenis tikus atap akan memiliki tampilan telinga yang tipis dan lebar. Tubuh di tikus atap juga lebih langsing dan mereka memiliki tampilan hidung lebih mancung.

2. Segi Kebiasaan Makan

Tidak hanya dari tampilan tubuh saja, kebiasaan makan kedua jenis tikus ini juga berbeda. Dimana tikus rumah menyukai makanan berbahah gandung atau tepung. Sementara tikus atap lebih suka pada bahan makanan berupa buah, sayur, dan sereal. Tikus rumah juga meminum air lebih sedikit daripada jenis tikus atap. Untuk menangkap kedua jenis hewan pengerat tersebut, anda bisa mencari alat yang ada pada website yang jual perangkap tikus.

3. Segi Tempat Tinggal

Jika dilihat dari segi tempat tinggalnya, kedua jenis perangkat tersebut pun memiliki perbedaan. Tikus atap akan cenderung bertempat tinggal pada bagian atap di sebuah bangunan. Mereka juga bisa bersarang pada sebuah pohon. Sementara pada tikus rumah akan lebih gemar bersarang di dalam tanah dan mencari makan di dalam rumah. Tikus atap sendiri juga memiliki jejak kaki yang cenderung lebih besar daripada jejak kaki si tikus rumah.

4. Dari Bentuk Kotoran

Jika dilihat dari segi bentuk kotoran, tikus rumah dan tikus atap pun dapat dibedakan dengan baik. Kotoran si tikus rumah akan berwarna hitam dan memiliki panjang 3 sampai dengan 8 mm. Biasanya akan ditemukan secara lebih acak. Kotoran tikus atap juga cenderung panjang dan tipis. Tentu kotoran ini akan snagat mengganggu di dalam sebuah hunian. Dimana perlu langkah cepat dengan mengunjungi pihak yang jual perangkap tikus.

Tidak hanya memiliki perbedaan dari segi tempat tinggal saja, kedua jenis tikus ini ternyata juga memiliki beragam perbedaan lainnya. Dari ulasan yang ada, anda bisa mengenai jenis tikus apa yang tinggal di hunian tempat tinggal yang dimiliki. Tentu saja hal itu akan memudahkan anda untuk menangkap dan menjerat mereka. Alat yang bisa digunakan antara lain adalah produk penjepit dan juga lem papan untuk hewan pengerat tersebut.