Berwisata pasti identik dengan kuliner. Begitu pula ketika Anda berkunjung ke Jogja, jangan sampai tidak mencicipi kelezatan kuliner khas Jogja di 5 tempat berikut. Dijamin rugi dan menyesal. Jadi, apa saja 5 tempat wisata kuliner tersebut? Yuk, intip.

Uniknya Penyajian Sate Klathak Pak Pong

1. Uniknya Penyajian Sate Klathak Pak Pong
Jika biasanya sate disajikan dengan tusukan dari bambu, Sate Klathak Pak Pong berbeda. Tusukan besilah yang dipakai lantaran dapat membuat daging kambing yang tengah dipanggang matang secara merata. Meski disajikan secara sederhana di warung pinggir jalan, akan tetapi kelezatannya tidak diragukan lagi. Campuran antara gurih alami khas daging kambing muda yang hanya diberi bumbu garam dan merica berpadu dengan manisnya kecap dan sambal pedas sebagai pelengkap. Dijamin Anda enggan pulang sebelum menghabiskan lebih dari satu porsi.

2. Raskan Gudeg Pawon Legendaris
Seperti namanya, gudeg yang disajikan langsung berasal dari pawon (dapur dalam bahasa Indonesia). Bila biasanya Anda hanya menunggu dilayani penjual ketika membeli gudeg, di Gudeg Pawon yang menjadi favorit warga setempat, Anda harus melayani diri sendiri. Begitu sampai di rumah makan yang selalu penuh pengunjung hingga harus mengantre sejak 2 jam sebelum dibuka, Anda diminta masuk ke dalam dapur dan memilih menu secara langsung sembari melihat proses pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional, yaitu dengan tungku dan kayu bakar. Harum gudeg yang masih dalam proses pengolahan menemani ketika mengantre.

3. Segarnya Bakso dan Es Buah PK
Kuliner legendaris lain yang wajib Anda cicipi adalah Bakso dan Es Buah PK milik Pak Karmio. Meski berada di pinggir jalan dengan tenda sederhana sebagai tempat, tetapi kenikmatan dari makanan berkuah yang berisi campuran mie kuning, bihun, sawi, tahu goreng, serta bakso ini tidak diragukan lagi. Ditambah es buah yang manis, sungguh menyegarkan dan cocok untuk kuliner di siang hari.

4. Nikmatnya Angkringan Jogja dengan Live Musik
Selain gudeg, Jogja juga identik dengan angkringan yang tersebar di mana-mana dengan harga murah meriah, pas di kantong. Bila Anda sudah bertandang ke Jogja, rugi kalau tidak mampir ke Angkringan Jogja yang berada di kawasan Jalan Mangkubumi. Sembari menyantap makanan khas di depan gedung Kedaulatan Rakyat, live music dari para pengamen jalanan akan menemani. Ditambah suara kereta dan kendaraan yang berlalu lalang, semakin memeriahkan suasana malam di kota Gudeg.

5. Campuran Pedas dan Gurih Sambal Welut Pak Sabar
Bila biasanya belut digoreng untuk dijadikan oleh-oleh, di rumah makan milik Pak Sabar, belut justru dijadikan sebagai sambal. Kombinasi antara gurih dari belut dan pedasnya cabai membuat makanan terasa nikmat dan tidak akan berhenti sebelum sambal habis. Belum lagi harga yang murah meriah dan masuk di kantong, cocok untuk Anda yang bepergian ke Jogja ala backpacker.

Demikianlah beberapa tempat kuliner yang akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipi lagi.  Selamat berlibur.